Paket Island Tour

Berlibur ke Belitung tidak afdol kalau belum mengambil paket wisata yang satu ini, yaitu paket tur ke pulau-pulau kecil di sekitar kawasan Wisata Tanjungkelayang (Paket Island Tour).


Salah satu ikon wisata Belitung adalah Pulau Batu yang mirip kepala burung yang orang lokal mengenalnya sebagai ‘Batu Gerude’ atau Batu Garuda, merupakan salah satu destinasi yang akan dikunjungi dalam paket tur ke pulau ini.

Tur ke pulau ini menggunakan perahu nelayan setempat yang cukup aman karena kondisi lokasi terlindung dari ombak besar karena di apit oleh pulau-pulau kecil tersebut yang juga berfungsi sebagai pemecah ombak.

Adapun spot yang akan kita kunjungi pada tur ke pulau ini yaitu:
  • Awal perjalanan dimulai dari Pantai Tanjungkelayang sebagai start point dengan menaiki perahu nelayan setempat yang cukup aman untuk melakukan tur ini, sebab kondisi lokasi tur terlindung dari ombak besar karena di apit oleh pulau-pulau kecil tersebut yang juga berfungsi sebagai pemecah ombak.
  • Kemudian perjalanan kita mulai dengan menyisir Pulau ‘Batu Gerude yang berseberangan dengan Pulau Kelayang. Kelayang dalam bahasa setempat berarti Burung Walet. Dinamakan pulau kelayang karena dahulunya merupakan habitat bagi ribuan burung walet liar, hal ini terjadi disebabkan di pulau ini memiliki sebuah gua batu yang cocok menjadi rumah bagi burung dengan nilai ekonomis yang sangat tinggi ini.
  • Selanjutnya perjalanan kita teruskan menuju Pulau Pasir. Pulau ini adalah salah satu daya tarik terbesar bagi wisatawan yang berkunjung karena pulau pasir ini muncul seperti daratan yang menyembul dari balik air laut nan biru, terutama jika air laut sedang surut, maka akan terlihat kecantikan pulau yang tidak bervegetasi ini.
  • Perjalanan berlanjut ke Pulau Babi atau Pulau Gede atau Pulau Aji, namun bahasa resminya bernama Pulau Kepayang. Apapun makanannya minumnya teh botol sosro....maaf, maksudnya apapun namanya, pulau yang satu ini tidak kalah menariknya dengan pulau-pulau lainnya. Di antara daya tariknya yaitu di Pulau ini memiliki sebuah teluk yang bernama ’teluk buaya’. Tidak seseram namanya, teluk ini menyimpan panorama alam yang sangat indah, dimana air laut yang berada di teluk cenderung lebih tenang sehingga seperti kolam air raksasa dengan gradasi warna yang menakjubkan yaitu birunya air laut bertemu dengan putihnya pasir pantai dengan latar belakang kehijauan vegetasi hutan dan pohon nyiur serta keeksotisan bebatuan granit yang sangat besar yang ditumbuhi oleh pohon dan jenis paku-pakuan. Di pulau kepayang ini merupakan salah satu spot snorkeling yang sangat sering dikunjungi karena biota bawah lautnya cukup beragam dengan berbagai bentuk coral seperti karang otak dan lain-lain bisa ditemukan dibawah kebeningan air lautnya.
  • Berikutnya perjalanan bersambung ke sebuah pulau yang sudah mendunia yaitu Pulau Lengkuas. Pulau kecil dengan mercusuar berdiri tegak ditengahnya, merupakan pulau favorit yang harus dikunjungi oleh wisatawan. Selain sebagai tujuan wisata pantai terfavorit, di pualu ini juga terdapat spot yang sangat cantik untuk menikmati panorama bawah laut dengan snorkeling maupun diving. Untuk sekedar tahu, Pulau lengkuas merupakan pulau terluar diantara gugusan pulau kecil yang ada di kawasan wisata ini.
  • Menuju ke daratan utama, perjalanan kita lanjutkan menyusuri Pulau Burung. Pulau Indah di tepi pantai desa Tanjung Binga ini, sudah sangat dikenal terutama setelahditetapkan dan dilaksanakannya syuting filem “The Philosopher”, daya tarik utamanya adalah pantai pasir putih dengan laut biru yang dihiasi dengan batu granit raksasa yang membentuk kepala burung.
  • Menepi ke pinggir pantai daratan utama, perjalanan pulang sambil menyusuri pantai putih layaknya goresan cat minyak berwarna putih diatas kanvas, kita akan melewati dan menikmati pemandangan beberapa buah pulau batu diantaranya Pulau Pegadoran yang merupakan pulau dengan pondasi dan bangun atasnya adalah batu granit yang ditumbuhi oleh kerindangan vegetasi dan pohon nyiur.
  • Penyusuran perjalanan diarahkan ke destinasi berikut yang merupakan spot fotografi yang sangat favorit yaitu Pulau Batu Belayar, spot ini membentuk sebuah pulau pasir dengan batu granit besar mencuat dari dalam bumi, yang bentuknya mirip dua buah layar kapal yang terkembang, dengan ketinggian batu tersebut kurang lebih 7 meter dari atas permukaan pasir....
  • Perjalanan selanjutnya menuju daratan utama, kembali ke Pantai Tanjungkelayang, namun sambil menuju pantai impian, sepasang mata wisatawan akan tetap dimanjakan dengan pemandangan eksotis lainnya di sepanjang pantai menuju pulang...
Perjalanan Tur ke Pulau ini membutuhkan waktu seharian kurang lebih 5 jam, namun untuk lebih menikmati indaahnya perjalanan, disarankan untuk lebih pagi, terutama bagi pencinta sunrise...